Permasalahan pada Keyboard yang sering terjadi

Permasalahan pada Keyboard yang sering terjadi  Keyboard merupakan perangkat keras yang terbilang penting. karena kegiatan yang dilakukan menggunakan PC atau laptop membutuhkan.Keyboard untuk memberikan perintah lewat papan ketik berupa kode-kode yang nantinya akan diterjemahkan oleh sistem. saya akan menyampaikan cara menangani permasalahan yang terjadi pada keyboard dan cara penaganan nya. selain itu pengertian sampai pemeliharaan keyboard.
 

 

Cara Mengatasi Keyboard yang Menampilkan Pesan Error

Pesan Error pada keyboard terjadi biasanya disebabkan oleh longgarnya usb/sambungan keyboard dan biasanya pesan error ini sering terjadi pada keyboard PC namun jarang sekali terjadi pada keyboard laptop. Pesan Error ini memiliki beberapa penyebab, berikut merupakan beberapa penyebab keyboard error dan cara mengatasinya :

  1. Konektor Keyboard Longgar/renggang yang menyebabkan Pesan Error
    Cara Mengatasinya 
    : Sebenarnya kamu bisa mengoyang-goyang kabel keyboard tersebut dan pesan error nya akan hilang, namun hal itu tidak akan bertahan lama. Jadi Cara mudah untuk mengatasinya adalah dengan mengganjalnya menggunakan kertas/sesuatu yang bisa membuat konektornya diam dan pas pada colokannya. namun alangkah baiknya kamu menggantinya dengan yang baru, karna terkadang akan terjadi error lagi.
  2. Ada Masalah Pada Kabel Data keyboard
    Cara Mengatasinya
    : Untuk mengatasi permasalah ini kamu harus melakukan pengecekan menggunakan AVO Meter, nanti kamu akan mengetahui apa ada kabel yang putus atau baik-baik saja ? jikalau ada yang putus maka kamu harus menggantinya.
  3. IC Controller keyboard Rusak
    Cara Mengatasinya
    : Keyboard memiliki IC yang berfungsi untuk mengconvert code kedalam komputer, jadi kalau rusak maka keyboardnya akan error. Untuk mengatasinya adalah dengan cara mengganti IC nya (tapi akan sulit dan mahal), jadi saran terbaik adalah dengan mengganti keyboardnya saja.
Penyebab di atas adalah hal yang umum yang sering terjadi, Sebelum memperbaikinya kamu harus melakukan pengecekan terlebih dahulu, cek 2 hal berikut :
  1. Cek Dulu apa Konektor Keyboard nya longgar?
  2. Cek memakai AVO Meter, Apakah Kabelnya ada yang putus?
Jika pengecekan diatas sudah dilakukan namun tidak ada yang bermasalah, maka masalahnya ada di IC Controller nya. IC Controller ini berfungsi untuk mengconvert bahasa/Code menjadi ASCI yang nantinya akan dikirimkan ke Motherboard, jikalau masalahnya ada di IC maka kamu harus menggantinya dengan yang baru.

BACA JUGA

Cara Mengatasi Tombol Keyboard Yang Tidak Berfungsi
Cara Mengatasi masalah Tombol Keyboard tidak fungsi sama halnya dengan langkah-langkah di atas, yaitu :
  1. Cek Konektornya/Colokannya, Jikalau konektornya longgar maka kamu harus mengganjalnya agar colokannya bisa pas pada tempatnya.
  2. Cek Kabel menggunakan AVO Meter, kalau misalkan colokannya dalam keadaan baik maka kamu harus memastikan kalau kabel USB nya tidak ada yang putus.
  3. kalau Kedua cara di atas sudah di cek dan tidak ada masalah, maka masalahnya ada di IC Controller nya.dan hal itu mengharuskan kamu mengganti IC nya atau membeli Keyboard yang baru
Untuk cara mengatasi Tombol Keyboard yang tidan berfungsi dan cara mengatasi pesan error, langkah-langkah untuk mengatasinya sama. Karna jikalau keyboard tidak terhubung dengan baik makan akan menimbulkan pesan error atau Keyboard tidak berfungsi sepenuhnya.
 
Cara Mengatasi Keyboard yang Beberapa tombolnya tidak Berfungsi
Beberapa Tombol keyboard tidak berfungsi biasanya disebabkan oleh debu yang melekat pada bagian dalam keyboard, namun bukan hanya itu karna ada beberapa penyebab terjadinya kerusakan pada beberapa tombol sehingga mengakibatkan tombol tersebut tidak berfungsi. Berikut merupakan penyebab dan solusinya :
  1. Penyebab : Debu yang menempel pada jalur penekanan karakter
    Solusi : Bersihkan bagian dalam keyboard dengan menggunakan tisu yang diberi alkohol, atau kamu juga bisa menggunakan kuas pembersih keyboard, namun menggunakan kuas tidak akan sepenuhnya membersihkan debu.
  2. Penyebab : Jalur penghubung tombol 1 ke tombol lainnya terputus
    Solusi : Kamu harus melakukan pengecekan terlebih dahulu menggunakan Avo Meter, dan temukan bagian yang terputus. anda harus hubungkan kembali jalur yang putus tersebut dengan menggunakan tinta emas atau alat penyambung jalur lainnya.
Kamu juga bisa menggunakan Aplikasi untuk melakukan pengecekan Keyboard, aplikasi yang digunakan seperti Ndiags, Toolstar, passmark KeyboardTest dan aplikasi lainnya.
 
Cara Mengatasi keybord Laptop Yang Rusak
Permasalahan yang terjadi pada keyboard Komputer dan Laptop sedikit berbeda, karna keyboard laptop biasanya jarang sekali mengalami kerusakan. Tapi satu kali mengalami kerusakan maka perbaikannya akan sangat mahal… Ada Beberapa masalah yang sering terjadi pada keyboard laptop, seperti : Tombol tidak berfungsi dan tombol yang tidak berfungsi sebagian. Pada Masalah Tersebut ada beberapa solusi yang bisa kamu coba, yaitu :
  1. Bersihkan Debu pada Keyboard
    Kamu coba periksa apa ada debu di area keyboard karena debu bisa mengganggu kinerja dari keyboard. Untuk itu kamu harus membersihkan debu dari keyboard dengan menggunakan kuas pembersih keyboard atau alat lainnya.
  2. Fungsi Num Lock
    Fungsi ini bisa mengakibatkan beberapa tombol tidak berfungsi atau berfungsi namun tidak sesuai perintahnya. cara mematikan fungsi ini kamu hanya perlu menekan tombol Fn+NumLock
  3. Driver nya tidak berjalan dengan baik dan benar
    Kamu harus memperbaiki driver atau menginstal lagi driver nya dengan menggunakan driver yang asli dari merk laptop yang kamu pakai.
  4. Konektornya bermasalah / Terlepas
    Yah di laptop juga sama ada konektor penghubungnya, jadi kamu harus melakukan pengecekan terhadap konektor dari keyboard nya.
  5. Restore Windows
    Kamu bisa lakukan  cara ini apabila  keyboard yang kamu gunakan memiliki masalah pada system nya. Cara Restore Windows adalah sebagai berikut :
    – Klik Start > Control Panel
    – Pilih System And Security > Backup Your Computer
    – Kemudian Pilih Open Restore System
    – Tunggu prosesnya sampai selesai
  6. Restart Laptop
    Merestart laptop digunakan ketika mengalami masalah pada laptop seperti lag, bug aplikasi dan mungkin cara ini juga bisa dilakukan untuk mengatasi keyboard yang rusak. jadi kamu perlu mencobanya.
Jika Cara diatas tidak bisa dilakukan, maka kamu bisa menggunakan cara alternatif, yaitu :
  1. Mengganti keyboard 
    Mengganti keboard dengan yang baru adalah pilihan terakhir, namun harga keyboard itu cukup mahal yaitu di atas 100.000,- . kamu bisa menggantinya di toko komputer atau tukang service.
  2. Menggunakan Keyboard USB
    Jikalau kamu belum mempunyai uang, maka kamu bisa menggunakan Keyboard USB yang bisa kamu beli dengan harga 35ribu, bahkan ada yang lebih murah dari itu.
  3. Menggunakan Keyboard Virtual
    Kamu juga bisa menggunakan Keyboard Virtual atau aplikasi keyboard, kamu bisa men download nya atau kamu juga bisa menggunakan aplikasi bawaan windows yaitu on screen keyboard
 Nah cara di atas merupakan cara memperbaiki Permasalahan yang terjadi pada keyboard Komputer dan laptop yang bisa kamu coba sendiri di rumah.
 kalau kamu sama sekali tidak mengerti akan hardware dan software, kamu bisa memperbaikinya ke tukang service atau kamu juga bisa membeli keyboard yang baru.
 
Cara Perawatan Keyboard
Berikut ini merupakan cara perawatan keyboard :
  1. Jauhkan Keyboard dari debu
  2. Bersihkan keyboard menggunakan alat pembersih keyboard (biasanya berupa kuas lembut dan cairan khusus untuk membersihkan keyboard)
  3. Bersihkan juga keyboard dengan menggunakan Vacum cleaner Keyboard
  4. Jauhkan Keyboard dari benda-benda cair (takutnya nanti tumpah)
  5. Usahakan jangan merokok di depan keyboard (debu rokoknya bisa masuk ke dalam keyboard)
  6. Gunakan penutup Keyboard, cover Pc atau Cover Keyboard
  7. Jangan mencongkel Tombol pada keyboard
  8. Ketika menekan tombol, jangan terlalu kasar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *